• header_2.jpg
  • header_3.jpg

Keamanan dan Keselamatan Bandara Blimbingsari Banyuwangi Terbaik di Indonesia

Banyuwangi - Bandara Blimbingsari Banyuwangi dinilai sebagai bandara terbaik di Indonesia dalam hal safety and security (keamanan dan keselamatan). 6 Aspek pengamanan bandara yang dipaparkan Kementrian Perhubungan diraih Bandara Blimbingsari dengan poin tertinggi.

Kepala Bandara Blimbingsari Dodi Dharma Cahaya mengatakan, penilaian audit ini dilakukan pada 185 unit penyelenggara bandar udara (UPBU) di bawah koordinasi Kementerian Perhubungan di seluruh Indonesia. Bandara Blimbingsari meraih poin sebesar 78 persen. 

Nilai itu didapatkan dari evaluasi terhadap enam critical element (CE) yang meliputi berbagai aspek di bandara. Mulai dari pengamanan bandara, standar operasi prosedur yang diterapkan, hingga kualifikasi petugas bandara.

Unsur EC yang pertama adalah Airport Security Programme (ASP). ASP merupakan program pengamanan bandar udara yang harus dibuat dan dimiliki oleh setiap penyelenggara angkutan udara.

"ASP ini berkaitan dengan prosedur bagaimana rencana kerja pengelolaan bandar udara yang mencakup semua lini. Meliputi prosedur pengoperasian pesawat udara, personil pesawat udara, fasilitas peralatan pesawat udara, dan airline emergency plan," kata Dodi, Rabu (9/11/2016).

Kedua, manajemen pembagian kewenangan dan tanggung jawab keamanan. Yakni pembagian titik titik petugas di seluruh bandara. Penilaian ketiga dilakukan pada standart operational procedure (SOP) yang dimiliki bandara, yakni SOP petugas, penumpang, pengamanan landasan,dan kargo.

Selain itu penilaian juga dilakukan pada kualifikasi personil dan quality control. Kedua penilaian ini berkaitan dengan kompetensi petugas bandara dan efektifitas kinerjanya. 

"Poin tertinggi kami dapat dari kualifikasi personil. Semua petugas di Blimbingsari dianggap telah memenuhi standar dan berlisensi. Kontrol kualitas yang merupakan penilaian terhadap berjalannya audit internal terhadap kinerja seluruh petugas di bandara juga dinilai baik" tutur Dodi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas pun menyatakan apresiasinya atas hasil penilaian dari Kemenhub. Menurut Anas, atas hasil ini akan menunjang pengembangan bandara hijau sebagai salah satu poin penting dalam meningkatkan geliat pariwisata di Banyuwangi.

"Tentunya dengan predikat ini akan membuat wisatawan semakin nyaman bepergian ke Banyuwangi lewat udara. Apalagi dalam waktu dekat dibuka penerbangan langsung Banyuwangi-Jakarta. Melengkapi rute Banyuwangi - Surabaya yang sehari ada empat flight," jelas Anas. 

sumber: https://news.detik.com/jawatimur/3341390/keamanan-dan-keselamatan-bandara-blimbingsari-banyuwangi-terbaik-di-indonesia?utm_source=twitter&utm_medium=oa&utm_content=news&utm_campaign=cms+socmed

© 2015 Indo Security Expo & Forum organised by PT Napindo Media Ashatama, Indonesia