01 / 05
02 / 05
03 / 05
04 / 05
05 / 05

Kementan Pasang CCTV untuk Awasi Hama di Sawah

Jumat, 06 Desember 2019

MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo telah memasang kamera pemantau atau CCTV di hampir semua Provinsi untuk pengawasan dan pengendalian serangan hama. Kamera tersebut terhubung langsung di Agriculture War Room Badan Litbang Pertanian di kawasan BBSDLP, Jalan Tentara Pelajar, Cimanggu, Bogor, Jawa Barat.

Syahrul menyebut terobosan baru itu merupakan bagian dari mengubah wajah pertanian menuju pertanian modern. Terlebih area yang terpasang kamera pemantau juga dilengkapi sensor data yang bisa disentuh melalui perangkat android.

"Pertanian kita harus hadir dengan teknologi. Jadi, mulai besok, kita bisa kendalikan semua sistem pertanian kita dengan layar. Kita harus berani mencoba mengakselerasi," ujar Syahrul melalui keterangan tertulis, di Badan Litbang Pertanian, Bogor, Jawa Barat, Kamis (5/12).

Ia menjelaskan fungsi war room juga dapat memantau penyebaran benih dan bibit unggul untuk hasil yang memuaskan. Lebih dari itu, war room ini bisa digunakan sebagai alat komunikasi antara pemerintah dan para petani.

Kamera pemantau tersebut akan beroperasi selama 24 jam. Serta memiliki daya jangkau yang memumpuni dalam memantau kondisi sawah secara keseluruhan.

"CCTV ini juga menembus lebih dari 100 meter area sawah dan bisa melakukan komunikasi secara langsung dengan para petani," jelasnya.

Ke depan, Syahrul berharap semua upaya ini mampu menggenjot angka produksi hingga berlipat-lipat. Untuk itu, dia meminta visi besar ini diikuti dan didorong unit kerja di tiap desa.

"Kan kita juga memiliki formulasi utama di Kostra Tani (Komando Strategi Pembangunan Pertanian). Formulasi ini menjadi rumus utama lalu lintas data dan produksi di setiap kecamatan," pungkasnya. (OL-2)

 

Sumber: https://mediaindonesia.com/

© 2020 Indo Security Expo & Forum. All Rights Reserved. Organised By PT Napindo Media Ashatama